Terpopuler:

Tips Cerdas Memilih Cincin Tunangan

17 October 2018 - Kategori Blog

Ketika berbicara tentang tunangan, cincin tunangan menjadi salah satu barang yang paling penting. Ya, cincin tunangan merupakan bukti pengikat dari pasangan. Dengan melingkarnya cincin tersebut pada jari manis calon pasangan, maka terikat pula janji hidup bersama di kemudian hari. Oleh karena itu, pria sering berusaha mencari cincin yang tepat untuk calon pasangannya seperti mencari cincin emas, cincin kawin, cincin logo, cincin nikah, cincin palladium, cincin perak, cincin tunangan, pin emas untuk pasangannya.

Sebagaimana diketahui bahwa sebenarnya cukup banyak model dan jenis cincin untuk tunangan yang ada di pasaran. Adanya banyak pilihan tersebut sebenarnya memberikan keleluasaan untuk memilih. Namun, apa yang terjadi adalah kebanyakan pria bingung untuk memilih cincin.

Nah, jika Anda termasuk yang bingung dalam memilih cincin tunangan yang tepat, simak beberapa ulasan di bawah ini.

Tips Memilih Cincin Tunangan Terbaik Untuk Pasangan

Ada beberapa tips yang sebenarnya mudah yang bisa membantu Anda memilih cincin mana yang cocok untuk calon istri. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mencari Referensi

Mencari referensi terkait toko perhiasan yang menjual cincin tunangan adalah hal penting pertama yang harus Anda lakukan. Dalam hal ini, Anda bisa mencari informasi terkait toko perhiasan melalui internet atau majalah. Lakukan pencarian sejak jauh hari, sekitar 2 bulan sebelumnya agar Anda bisa menentukan mana toko terbaik sesuai keinginan.

  1. Mengatur Budget

Harga dari cincin untuk tunangan memang beraneka ragam. Harga cincin tersebut biasanya dipengaruhi oleh bahan yang digunakan untuk membuat cincin, model cincin yang dibuat dan juga tambahan yang digunakan dalam cincin tersebut. Sebagaimana diketahui bahwa ada cukup banyak cincin dibuat dengan tambahan permata.

Nah, kali ini Anda harus bisa mengatur budget yang akan digunakan untuk membeli cincin. Jika Anda ingin membeli cincin yang spesial dengan bahan yang bagus dan tambahan permata yang cantik, maka persiapan uang sedikit lebih banyak tentu diperlukan. Namun, jika budget Anda minim, tentu Anda bisa memilih pilihan lain.

  1. Pilih Model Timeless

Sebagaimana diketahui bersama bahwa ada cukup banyak model cincin tunangan yang ditawarkan di berbagai toko perhiasan. Setiap model cincin memang memiliki keunikan sendiri-sendiri. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih model yang tepat agar Anda serta pasangan merasa senang dan bangga memakainya.

Nah, terkait model cincin, salah satu hal penting yang harus Anda pertimbangkan adalah carilah cincin dengan model timeless. Model timeless yang dimaksud adalah cincin dibuat dengan model yang tak lekang oleh waktu. Jadi, meskipun nantinya cincin sudah berumur belasan atau puluhan tahun, model cincin tetap sesuai dengan kondisi zaman.

  1. Pilih Cincin yang Nyaman

Kenyamanan juga merupakan salah satu hal yang wajib dipertimbangkan dalam memilih cincin tunangan. Ya, akan repot jadinya jika pemakai cincin tidak merasa nyaman dan cincin malah menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, pilihlah cincin yang nyaman untuk digunakan.

Ada cukup banyak model cincin yang disediakan dengan desain dan lekuk cincin yang berbeda-beda. Dalam hal ini, memilih cincin yang cenderung sederhana dan simple bisa menjadi pertimbangan. Dengan bentuknya yang hanya bulat biasa tanpa kebanyakan aksen, cincin tersebut pasti akan lebih nyaman untuk dipakai.

  1. Lakukan Final Fitting

Untuk mendapatkan cincin yang tepat, ada baiknya Anda melakukan final fitting sebelum benar-benar membelinya. Final fitting atau percobaan terakhir tentu penting untuk dilakukan agar cincin terasa nyaman saat digunakan dan tidak terlalu besar untuk jari manis calon belahan hati Anda.

Saat hendak melakukan final fitting, pastikan bahwa kondisi tubuh sedang tenang dengan temperatur yang stabil. Anda tidak disarankan untuk melakukan final fitting di pagi hari karena biasanya jari tangan di pagi hari mengandung lebih banyak garam. Efeknya, jari tangan akan cenderung lebih besar daripada kondisi normal.

  1. Sesuai Bentuk Jari

Hal lain yang harus Anda perhatikan saat hendak memilih cincin untuk tunangan adalah memilih cincin sesuai dengan bentuk jari. Pertimbangan ini cukup penting untuk menemukan cincin yang nyaman dikenakan dan sesuai untuk penampilan. Lantas, bagaimana bentuk penyesuaian cincin dengan bentuk jari?

Hal yang perlu Anda lakukan adalah melihat secara saksama bentuk jari Anda. Jika bentuk jari Anda kecil, maka disarankan agar Anda tidak memilih cincin dengan bentuk yang cenderung lebar. Hal ini secara estetika tidak terlalu bagus. Namun, sebaliknya, jika jari Anda lebar, maka jangan memilih cincin dengan ukuran penampang terlalu kecil.

  1. Pilih Cincin yang Mudah Dibersihkan

Perawatan cincin tunangan juga harus diperhatikan setelah Anda membeli cincin tersebut. Ya, cincin harus dibersihkan dengan teratur agar cincin tetap bersih dan mengkilap. Tidak hanya itu, dengan perawatan yang teratur, cincin pasti juga akan lebih awet dan kenangan dengan cincin tersebut juga akan senantiasa terkenang.

Dalam hal ini, pilihlah model cincin yang mudah dibersihkan. Cincin dengan model yang tidak terlalu rumit memberikan kemudahan dalam perawatan untuk membersihkannya. Namun, jika Anda membeli cincin dengan model yang rumit, pastikan toko tempat Anda membeli menyediakan jasa membersihkan cincin.

  1. Melihat Kadar Emas

Khusus untuk Anda yang ingin membeli cincin emas, maka Anda wajib memperhatikan kadar emas tersebut. Kadar emas yang cocok untuk cincin tunangan adalah 18 karat. Hal ini cukup beralasan karena bentuknya tidak akan berubah dan cukup keras. Berbeda dengan emas 24 karat, ukuran tersebut membuat emas menjadi lebih lunak.

Nah, demikian beberapa tips cerdas untuk memilih cincin tunangan yang tepat agar pasangan senang. Perhatikan beberapa tips tersebut dan pilihlah cincin untuk tunangan terbaik guna membuat kesan yang terbaik pula.

, , , , , , , , , , , ,

Telp

WA TOKO JOGJA

WA TOKO DEPOK

WA TOKO SOLO