Terpopuler:

Tips Merawat Cincin Palladium

17 October 2018 - Kategori Blog

Untuk opsi cincin pernikahan, cincin palladium memang menjadi salah satu opsi yang banyak dipilih. Jenis cincin ini memang menarik dengan detail dan karakteristik palladium. Secara umum, bahan palladium memiliki tampilan yang mirip dengan emas putih dan ada beberapa jenis  seperti cincin emas, cincin kawin, cincin logo, cincin nikah, cincin palladium, cincin perak, cincin tunangan, pin emas. Namun, bahan ini cenderung lebih keras dan model cincin yang ada cenderung lebih sederhana.

Selain itu, karakteristik lain dari bahan ini adalah warna asli cincin tidak akan mudah pudar karena teksturnya yang keras. Hanya saja, ketika sudah dipakai beberapa waktu, cincin ini akan tampak kusam karena kotoran ataupun debu. Oleh karena itu, perawatan terhadap cincin ini penting untuk dilakukan agar cincin Anda kembali mengkilap.

Kelebihan Bahan Palladium

Sebelum membahas bagaimana cara mudah untuk melakukan perawatan cincin palladium, Anda sebaiknya mengetahui dulu kelebihan dari bahan ini dibandingkan dengan bahan lainnya. Dengan mengetahui kelebihan tersebut, Anda bisa mempertimbangkan bahan ini sebagai opsi terbaik.

Beberapa kelebihan dari palladium adalah sebagai berikut:

  1. Tahan Lama

Palladium bisa dikatakan sebagai salah satu logam mulia terbaik untuk dipilih. Logam mulia ini cenderung tahan terhadap proses oksidasi dan korosi. Dengan sifatnya tersebut, palladium cenderung lebih tahan lama dan tidak mudah rusak ketika dibuat menjadi cincin spesial untuk pernikahan.

  1. Harga Lebih Terjangkau

Masalah harga memang menjadi salah satu pertimbangan yang digunakan saat seseorang hendak membeli cincin pernikahan. Lantas, bagaimana dengan cincin berbahan dasar palladium ini? Perlu diketahui bahwa palladium memiliki harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan bahan lain seperti emas.

Dengan harganya yang terjangkau, palladium dapat menjadi opsi alternatif terbaik, terutama bagi Anda yang memang memiliki keterbatasan keuangan. Tentu, memilih palladium tidak akan rugi karena meskipun harganya terjangkau, secara kasat mata, karakteristik bahan ini mirip dengan emas putih.

  1. Tidak Menimbulkan Alergi

Kelebihan lain dari bahan palladium yang perlu Anda ketahui adalah bahwa bahan ini tidak menimbulkan alergi. Beberapa kalangan sering mempertimbangkan poin ini sebelum memilih bahan cincin pernikahan mereka. Memang, beberapa logam bisa mengakibatkan iritasi pada kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Nah, palladium merupakan salah satu logam mulia yang tidak akan menimbulkan iritasi. Logam ini memiliki sifat hypo allergic yang tidak akan menyebabkan kulit memerah atau gatal saat memakainya meskipun bagi mereka yang memiliki kulit lebih sensitif sekalipun.

Tips Perawatan Cincin Palladium

Berbincang tentang perawatan pada cincin palladium, Anda akan menemukan cara yang sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Dengan langkah perawatan yang mudah, tentu Anda bisa melakukan perawatan ini seorang diri di rumah. Lantas, bagaimana cara perawatan terhadap cincin pernikahan berbahan dasar palladium? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Langkah Pertama

Langkah perawatan pertama yang bisa Anda lakukan adalah merendam cincin dalam larutan air dan sabun. Siapkan air larutan ini dengan baskom yang tidak terlalu besar. Jika sudah, rendam cincin tersebut selama kurang lebih 20 menit. Waktu perendaman sebenarnya tergantung dari kondisi cincin. Semakin kotor, maka semakin lama.

Untuk membuat air larutan sabun, usahakan menggunakan air hangat. Ya, air hangat lebih direkomendasikan karena larutan sabun tersebut akan masuk perlahan pada celah cincin palladium. Dengan demikian, debu yang mengendap pada permukaan cincin lambat laun akan terlepas dengan sendirinya.

  1. Langkah Kedua

Setelah merendam cincin, langkah perawatan setelahnya adalah menyikat permukaan cincin. Ini juga termasuk salah satu langkah penting dan efektif untuk membuat cincin palladium kembali mengkilap dan bebas dari debu yang menempel. Untuk menyikat permukaan cincin, anda bisa menggunakan sikat gigi yang lembut.

Perlu diketahui bahwa beberapa kalangan menyikat permukaan cincin terlalu keras. Cara menyikat cincin ini tentu tidak disarankan. Menyikat permukaan cincin dengan terlalu keras akan membuat cincin tergores dan tentu hal ini akan merusak keindahan cincin Anda. Oleh karena itu, pada langkah ini, sikat cincin dengan perlahan.

  1. Langkah Ketiga

Langkah selanjutnya untuk perawatan cincin palladium agar kembali berkilau adalah membilas cincin. Saat disikat pada langkah kedua tadi, di permukaan cincin masih terdapat banyak sabun dan busa. Nah, untuk membersihkannya, bilas cincin hingga bersih dan debu tidak akan menempel lagi.

Untuk pembilasan, Anda disarankan untuk menggunakan air hangat. Air hangat cenderung mampu menghilangkan kotoran, termasuk debu, dengan lebih baik dibandingkan air dingin. Nah, siapkan air hangat satu baskom lagi dan rendam serta bilas cincin pernikahan Anda di situ.

  1. Langkah Keempat

Setelah proses pembilasan cincin dengan menggunakan air hangat, langkah selanjutnya adalah mengeringkan cincin. Hal ini juga penting agar air yang berada di permukaan cincin bisa dihilangkan. Sebagaimana diketahui, air bisa menangkap debu sehingga cincin yang basah bisa saja akan kotor lagi setelah proses pembersihan.

Tidak hanya itu, mengenakan cincin yang masih basah di jari tangan juga bisa menyebabkan iritasi. Nah, dalam hal ini, untuk mengeringkan cincin, Anda bisa menggunakan kain yang lembut. Keringkan cincin dengan saksama dan hati-hati sampai benar-benar tidak ada air di permukaannya.

Nah, demikian beberapa hal menarik terkait cara perawatan pada cincin palladium. Jika disimak, langkah perawatan cincin sebagaimana di atas sangat mudah untuk dilakukan. Nah, jika Anda melihat cincin Anda kusam, maka terapkan cara perawatan tersebut untuk mendapatkan cincin pernikahan yang kembali mengkilap.

Sebagai tambahan, Anda sebaiknya membersihkan cincin ini secara teratur. Waktu pembersihan yang disarankan adalah setiap 2 minggu sekali. Anda tidak perlu ragu warna cincin palladium akan memudar palladium memiliki karakteristik yang keras. Semoga bermanfaat.

Pengunjung Juga Mencari:

  • membuat cincin dari sikat gigi

, , , , , , , , , , , ,

Telp

WA TOKO JOGJA

WA TOKO DEPOK

WA TOKO SOLO